Berita Motogp Terbaru - Valentino Rossi menjadi pebalap yang paling sering menang di sirkuit tertua di ajang MotoGP tersebut.

Jakarta - Assen termasuk satu di antara sirkuit tertua di MotoGP. Sirkuit ini dibangun sebagai tempat balap motorsport pada 1955.

Menariknya, sirkuit yang berposisi di Assen, Belanda, tersebut sudah dipakai sebagai tempat balapan sejak 1925. Namun, balapan motor Grand Prix baru digelar di Assen pada 1949.

Baca juga:

MotoGP: Rossi Ingatkan Para Rival soal Zarco

Membaik di Tes MotoGP Qatar, Ini Komentar Rossi

Naik Kelas ke MotoGP, Anak Didik Rossi Wujudkan Mimpi

Pada tahun 1999, Sirkuit Assen mengalami perubahan. Pihak pengelola mendirikan tribune baru. Selain itu, menara kontrol, pusat pers, dan garasi juga ikut direnovasi.Pada tahun 2006, sirkuit ini kembali dimodifikasi. Panjang sirkuit yang tadinya 6 kilometer dipotong menjadi 4,5 km.

Lantas bagaimana karakter Sirkuit Assen? Sirkuit ini memiliki trek sempit dengan kombinasi pergantian arah yang cepat. Jadi wajar jika Valentino Rossi sangat berjaya di sirkuit ini.

Pebalap Movistar Yamaha itu memang punya kenangan manis di sini. Rossi sudah 10 kali menjadi juara. Rinciannya 8 kali di ajang MotoGP, 1 kali di kelas 250cc dan 1 kali di kelas 125cc.

"Saya sangat senang bisa balapan di sini. Saya memiliki kenangan indah di sirkuit ini," ujar Rossi mengomentari sirkuit untuk venue MotoGP Belanda itu.

Sumber:

Tag: assen, valentino rossi, rossi, yamaha